RADIASI HANDPHONE


           Di era globalisasi ini yang semakin canggih,penggunaan alat telekomunikasi terutama handphone meningkat pesat. Pada masyarakat modern, HP sudah menjadi kebutuhan primer padahal penggunaan HP tersebut menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Karena pada HP terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian akan dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang berfluktuasi melalui udara. Gelombang radiasi RF (Radio Frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Dan diketahui radiasi elektromagnetik ini terdiri dari gelombang elektrik dan energi magnetik dengan kecepatan cahaya. Contoh energi elektromagnetik, yaitu radiasi  ELF (Extremely low frequency) sampai sinar X dan sinar Gamma. Ketika orang menelpon, HP-nya diletakkan dekat kepala, peluang radiasi HP diserap oleh jaringan tubuh sangat besar. 
            Para peneliti dari instuisi kesehatan menyatakan bahwa radiasi dari penggunaan HP yang tergolong dalam gelombang RF (radio frequency) tidak berbahaya. Namun, bukan berarti tidak mempunyai efek samping, gelombang RF tersebut dapat mengeluarkan panas. Jika radiasi RF tersebut terjadi dengan intensitas yang tinggi akan merusak jaringan tubuh karena tubuh kita tidak dilengkapi untuk dapat mengantisipasi sejumlah panas berlebih dari radiasi.
            Radiasi tersebut dapat menimbulkan penyakit kanker, tumor otak, Alzheimer, Parkinson, fatigue (terlalu capai), sakit kepala dan juga dapat mengganggu sistem hormon pada tubuh kita. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus bisa mengontrol diri kita saat menggunakan HP. Hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, karena kesehatan sangat mahal jika dibandingkan dengan harga sebuah HP yang menyajikan fasilitas dan fitur-fitur canggih tersebut.

3 komentar:

Anis Zaqiyyatun N mengatakan...

betul sekali mbk yis radiasi handphone dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. yang saya tanyakan bagaimana cara kita untuk lebih dapat mensosialisasikan efek yang bahaya dari radiasi handphone agar tidak membahayakan bagi penggunanya? sedangkan yang kita tahu bahwa kita tidak dapat lepas dari alat komunikasi yang satu ini..

rizqa_sains2009 mengatakan...

heem,,,itu jg yang agak sulit, tapi sosialisasi bs dimulai dari temen2 terdekat kita dulu akan lebih mudah dengan memberitahu kalo waktu menggunakan handphone misalnya untuk telp2an bisa memakai headset...itu mugkin lebih mudah.

Irvina Nak SaIns mengatakan...

Radiasi handphone dapat menimbulkan berbgai macam penyakit. tadi disebutkan contohnya penyakit Alzhaimer. setahu saya penyakit alzhaimer disebabkan faktor keturunan. bagaimanakah radiasi handphone menyebabkan penyakit alzhaimer tersebut?

Posting Komentar